Pola Pendampingan, Pilihan Acara dan Lama Menonton Televisi Murid Berprestasi di Kota Surakarta

By | August 3, 2010

ABSTRAK

Donie Fadjar Kurniawan, 197206152006041002. Pola Pendampingan, Pilihan Acara, dan Lama Menonton Televisi pada Murid Berprestasi di Kota Surakarta. Penelitian. Institut Seni Indonesia Surakarta.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk, pertama, mengetahui pola pendampingan menonton acara televisi murid berprestasi di Surakarta, kedua, mengetahui pilihan acara televisi murid berprestasi di Surakarta, ketiga, mengetahui lama menonton televisi murid berprestasi di Surakarta.

Penelitian  ini adalah  studi deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa data kalimat atau penyataan yang diberikan murid berprestasi di kotamadya Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner dan melakukan wawancara mendalam kepada  informan yang terdiri dari murid berprestasi  dari lima sekolah dasar terbaik di kotamadya Surakarta.

Hasil analisis data menunjukkan hal-hal sebagai berikut, pertama, murid berprestasi menonton acara televisi dalam bentuk yang beragam yaitu  56% memiliki kebiasaan menonton televisi bersama orangtua, 25% memiliki kebiasaan menonton bersama selain orangtua dan 19% menonton sendirian. Variasi ini muncul dari pola pendampingan yang berbeda sehingga berdampak pada rasa bertanggungjawab untuk terlibat dalam pemilihan acara televisi yang ditonton anaknya.  Kedua, dari pilihan acara dapat ditarik simpulan bahwa murid berprestasi menonton acara televisi dalam bentuk yang beragam yaitu 59 % menyatakan memiliki beberapa acara televisi favorit yang sangat digemari.  Sedangkan 41%  menyatakan memiliki banyak acara favorit sehingga tidak ada murid yang tidak mempunyai acara favorit. Variasi ini juga memunculkan 51 % murid menjatuhkan acara favorit televisi berjenis Program Anak atau kids program lalu 13%  menfavoritkan   musik, 12%  memfavoritkan  berita atau news, 11%  memfavoritkan  film, 7% memfavoritkan olah raga dan 6%  memfavoritkan komedi.  Ketiga,  dari variabel lama menonton acara televisi dapat ditarik simpulan bahwa murid berprestasi menonton acara televisi dalam bentuk yang beragam yaitu 59% menyatakan tidak terjadwal, 25% menyatakan setiap hari menonton televisi dan 16% menyatakan menonton televisi pada hari libur saja. Variasi ini  sebagai dampak dari temuan tentang lama menonton yang menunjukkan bahwa rata-rata waktu yang digunakan untuk menonton televisi adalah 3 sampai 4 jam pada hari libur dan lama menonton  pada waktu hari tidak libur menunjukkan rata-rata 0 – 2 jam per hari.

Akhirnya, hasil  penelitian ini dapat digunakan sebagai informasi yang berharga untuk melakukan penelitian lanjutan.

Kata kunci : pola pendampingan, pilihan acara, lama menonton, murid berprestasi.

ABSTRACT

Donie Fadjar Kurniawan, 197206152006041002.  The Pattern of Guidance, Choice of Programme, and Duration of Watching Television to Outstanding Students at Surakarta Municipality. Research Paper.  Indonesian Institute of Arts at Surakarta.

The objectives of this study are, first, to understand the pattern of guidance, second, to understand the choice of programme, and third, to understand duration of watching television  to outstanding  students at Surakarta municipality.

This is a descriptive qualitative study. Data in this research are a descriptive and statement  taken from the outstanding students at Surakarta municipality.  The data collection method is  employed by giving a questioner to the students and combining with in depth interview to some of them.  The sampling  technique is taken from five top rank school in which every grade representating one student.

The data analysis shows as follows : the students watching television in a various ways; firstly,  56 % usually being  together with their parents, no matter father or mother or both, 25 % being together with other  family or relatives    usually with siblings , and  19 % usually watching television by himself or herself.  This kind of variations appear as the affect of pattern of guidance that is parents’ responsibility  to be together while watching televsion.  Secondly, from the choice programme,  students  have various of watching television, namely : 59% state that they have only several favorite television programmes.  Next, 41% state that they have lots of favorite television programmes. Therefore, there is no statement showing  no favorite television programmes.  This kind of variation is also shown  that 51%  choose kids program as their favorite television programe. In queing: there are 13% to music, 12% to news programme,  11%  film,  7% to sports,  6 % to comedy.     Thirdly, from duration of watching, it is also shown that students watching in various condition namely:  59%  like to watch television in unscheduled time, 25% like to watch everyday and 16% like to watch in sparetime (holiday). This kind of results also show that they take 3 until 4 hours daily to watch television during their sparetime (holiday), then  0 until 2 hours  daily during  their  non sparetime  (studying time).

Finally, this research result can be used as valueable initial information to conduct  following up studies.

Key words : pattern of guidance, chocie of programe, duration of watching television, outstanding students.

ABSTRAK

Donie Fadjar Kurniawan, 197206152006041002. Pola Pendampingan, Pilihan Acara, dan Lama Menonton Televisi pada Murid Berprestasi di Kotamadya Surakarta. Penelitian. Institut Seni Indonesia Surakarta.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk, pertama, mengetahui pola pendampingan menonton acara televisi murid berprestasi di Surakarta, kedua, mengetahui pilihan acara televisi murid berprestasi di Surakarta, ketiga, mengetahui lama menonton televisi murid berprestasi di Surakarta.

Penelitian  ini adalah  studi deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa data kalimat atau penyataan yang diberikan murid berprestasi di kotamadya Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner dan melakukan wawancara mendalam kepada  informan yang terdiri dari murid berprestasi  dari lima sekolah dasar terbaik di kotamadya Surakarta.

Hasil analisis data menunjukkan hal-hal sebagai berikut, pertama, murid berprestasi menonton acara televisi dalam bentuk yang beragam yaitu  56% memiliki kebiasaan menonton televisi bersama orangtua, 25% memiliki kebiasaan menonton bersama selain orangtua dan 19% menonton sendirian. Variasi ini muncul dari pola pendampingan yang berbeda sehingga berdampak pada rasa bertanggungjawab untuk terlibat dalam pemilihan acara televisi yang ditonton anaknya.  Kedua, dari pilihan acara dapat ditarik simpulan bahwa murid berprestasi menonton acara televisi dalam bentuk yang beragam yaitu 59 % menyatakan memiliki beberapa acara televisi favorit yang sangat digemari.  Sedangkan 41%  menyatakan memiliki banyak acara favorit sehingga tidak ada murid yang tidak mempunyai acara favorit. Variasi ini juga memunculkan 51 % murid menjatuhkan acara favorit televisi berjenis Program Anak atau kids program lalu 13%  menfavoritkan   musik, 12%  memfavoritkan  berita atau news, 11%  memfavoritkan  film, 7% memfavoritkan olah raga dan 6%  memfavoritkan komedi.  Ketiga,  dari variabel lama menonton acara televisi dapat ditarik simpulan bahwa murid berprestasi menonton acara televisi dalam bentuk yang beragam yaitu 59% menyatakan tidak terjadwal, 25% menyatakan setiap hari menonton televisi dan 16% menyatakan menonton televisi pada hari libur saja. Variasi ini  sebagai dampak dari temuan tentang lama menonton yang menunjukkan bahwa rata-rata waktu yang digunakan untuk menonton televisi adalah 3 sampai 4 jam pada hari libur dan lama menonton  pada waktu hari tidak libur menunjukkan rata-rata 0 – 2 jam per hari.

Akhirnya, hasil  penelitian ini dapat digunakan sebagai informasi yang berharga untuk melakukan penelitian lanjutan.

Kata kunci : pola pendampingan, pilihan acara, lama menonton, murid berprestasi.

ABSTRACT

Donie Fadjar Kurniawan, 197206152006041002.  The Pattern of Guidance, Choice of Programme, and Duration of Watching Television to Outstanding Students at Surakarta Municipality. Research Paper.  Indonesian Institute of Arts at Surakarta.

The objectives of this study are, first, to understand the pattern of guidance, second, to understand the choice of programme, and third, to understand duration of watching television  to outstanding  students at Surakarta municipality.

This is a descriptive qualitative study. Data in this research are a descriptive and statement  taken from the outstanding students at Surakarta municipality.  The data collection method is  employed by giving a questioner to the students and combining with in depth interview to some of them.  The sampling  technique is taken from five top rank school in which every grade representating one student.

The data analysis shows as follows : the students watching television in a various ways; firstly,  56 % usually being  together with their parents, no matter father or mother or both, 25 % being together with other  family or relatives    usually with siblings , and  19 % usually watching television by himself or herself.  This kind of variations appear as the affect of pattern of guidance that is parents’ responsibility  to be together while watching televsion.  Secondly, from the choice programme,  students  have various of watching television, namely : 59% state that they have only several favorite television programmes.  Next, 41% state that they have lots of favorite television programmes. Therefore, there is no statement showing  no favorite television programmes.  This kind of variation is also shown  that 51%  choose kids program as their favorite television programe. In queing: there are 13% to music, 12% to news programme,  11%  film,  7% to sports,  6 % to comedy.     Thirdly, from duration of watching, it is also shown that students watching in various condition namely:  59%  like to watch television in unscheduled time, 25% like to watch everyday and 16% like to watch in sparetime (holiday). This kind of results also show that they take 3 until 4 hours daily to watch television during their sparetime (holiday), then  0 until 2 hours  daily during  their  non sparetime  (studying time).

Finally, this research result can be used as valueable initial information to conduct  following up studies.

Key words : pattern of guidance, chocie of programe, duration of watching television, outstanding students.